10/13/2019

KUBAH KEMENANGAN


KUBAH KEMENANGAN

Alloh ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ وَاصْبِرُوا إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), Maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Alloh sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung. Dan taatlah kepada Alloh dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Alloh beserta orang-orang yang sabar.”
(QS Al Anfal 45 - 46)

Imam Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah Rohimahulloh berkata :

"Di dalam ayat ini, Alloh memerintahkan mujahidin dengan lima perkara. Tidaklah kelimanya terkumpul dalam suatu kelompok, melainkan ia niscaya akan menang, meskipun berjumlah sedikit sedangkan musuh berjumlah banyak. Pertama, berteguh hati. Kedua, banyak berzikir kepada Alloh. Ketiga, mentaati Alloh dan Rasul-Nya. Keempat, persatuan dan tidak berselisih yang mengakibatkan kegagalan dan kelemahan. Karena perselisihan ibarat seorang prajurit, di mana orang-orang berselisih berarti ikut menguatkan musuh mereka.

Sementara persatuan tak ubahnya sekat anak panah, tidak akan ada yang mampu mematahkannya.

Namun jika seseorang menguraikan ikatannya dan dibiarkan sendiri-sendiri, maka semuanya dapat dipatahkan. Adapun yang kelima adalah sendi, pengikat, dan pokok dari semuanya, yaitu sabar. Inilah lima perkara yang melandasi kubah kemenangan.

Kapan saja kelimanya hilang atau sebagiannya hilang, maka kemenangan pun akan sirna, sesuai apa yang hilang. Namun jika kelimanya bersatu, satu sama lainnya saling menguatkan, niscaya berpengaruh besar dalam sebuah kemenangan."

[Kitab Al Furusiyah]


>> ats-Tsabat (Tetap teguh pendirian)

Alloh ta'ala berfirman :

وَمَا كَانَ قَوْلَهُمْ إِلَّا أَنْ قَالُوا رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

"Tidak ada doa mereka selain ucapan: "Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". (QS. Ali Imron : 147)

>> Memperbanyak Dzikir kepada Alloh.

Alloh ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

"Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Alloh, zikir yang sebanyak-banyaknya." (QS. Al Ahzab : 41)

>> Ta'at Kepada Alloh dan Rosul-Nya.

Alloh ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ

"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Alloh dan taatilah Rosul-(Nya)". (QS. An-Nisa : 59)

>> Meninggalkan Berbantah - bantahan.

Alloh ta'ala berfirman :

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ ۖ وَاصْبِرُوا ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

"Dan taatlah kepada Alloh dan Rosul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Alloh beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al Anfal : 46)

>>  Sabar

Alloh ta'ala berfirman :

فَإِنْ يَكُنْ مِنْكُمْ مِائَةٌ صَابِرَةٌ يَغْلِبُوا مِائَتَيْنِ ۚ وَإِنْ يَكُنْ مِنْكُمْ أَلْفٌ يَغْلِبُوا أَلْفَيْنِ بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ

"Maka jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika diantaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang, dengan seizin Alloh. Dan Alloh beserta orang-orang yang sabar." (Al Anfal : 66)


[Arey/AlFajrMedia]

Source : infografik surat kabar an - Nabaa edisi 129

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ Oleh: Ibnul Jauzi Orang Khawarij yang pertama kali dan yang paling buruk keadaannya ada...