6/19/2019

BAHAYA MENGEKOR NON MUSLIM BAB 24



Bab 24
Agama Allah satu, tetapi
syari‘atnya berbeda-beda

Dalam kaitannya dengan penegasan Allah tentang agama Islam dan titah-Nya kepada golongan ahli kitab, Allah berfirman pada surah Al Baqarah ayat 136-140:

قُولُوٓاْ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَمَآ أُنزِلَ إِلَيۡنَا وَمَآ أُنزِلَ إِلَىٰٓ إِبۡرَٰهِ‍ۧمَ وَإِسۡمَٰعِيلَ وَإِسۡحَٰقَ وَيَعۡقُوبَ وَٱلۡأَسۡبَاطِ وَمَآ أُوتِيَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَمَآ أُوتِيَ ٱلنَّبِيُّونَ مِن رَّبِّهِمۡ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ أَحَدٖ مِّنۡهُمۡ وَنَحۡنُ لَهُۥ مُسۡلِمُونَ ١٣٦ فَإِنۡ ءَامَنُواْ بِمِثۡلِ مَآ ءَامَنتُم بِهِۦ فَقَدِ ٱهۡتَدَواْۖ وَّإِن تَوَلَّوۡاْ فَإِنَّمَا هُمۡ فِي شِقَاقٖۖ فَسَيَكۡفِيكَهُمُ ٱللَّهُۚ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡعَلِيمُ ١٣٧ صِبۡغَةَ ٱللَّهِ وَمَنۡ أَحۡسَنُ مِنَ ٱللَّهِ صِبۡغَةٗۖ وَنَحۡنُ لَهُۥ عَٰبِدُونَ ١٣٨ قُلۡ أَتُحَآجُّونَنَا فِي ٱللَّهِ وَهُوَ رَبُّنَا وَرَبُّكُمۡ وَلَنَآ أَعۡمَٰلُنَا وَلَكُمۡ أَعۡمَٰلُكُمۡ وَنَحۡنُ لَهُۥ مُخۡلِصُونَ ١٣٩ أَمۡ تَقُولُونَ إِنَّ إِبۡرَٰهِ‍ۧمَ وَإِسۡمَٰعِيلَ وَإِسۡحَٰقَ وَيَعۡقُوبَ وَٱلۡأَسۡبَاطَ كَانُواْ هُودًا أَوۡ نَصَٰرَىٰۗ قُلۡ ءَأَنتُمۡ أَعۡلَمُ أَمِ ٱللَّهُۗ وَمَنۡ أَظۡلَمُ مِمَّن كَتَمَ شَهَٰدَةً عِندَهُۥ مِنَ ٱللَّهِۗ وَمَا ٱللَّهُ بِغَٰفِلٍ عَمَّا تَعۡمَلُونَ ١٤٠

Katakanlah (hai orang-orang mu‘min): “Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya`qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan ‘Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”. Maka jika mereka beriman kepada apa yang kamu telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk; dan jika mereka berpaling, sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (dengan kamu). … dan Allah sama sekali tidak lengah terhadap perbuatan-perbuatan kamu sekalian.”

Oleh karena asal-usul agama - yaitu Islam - adalah satu sekalipun syari‘atnya berbeda-beda, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah Hadits shahih bersabda:

إِنَّا مَعْشَرَ الْأَنْبِيَاءِ دِيْنُنَا وَاحِدًا

”Kami adalah golongan para nabi, agama kami satu.”2)

<<2) Agama Allah itu satu sebagaimana firman-Nya: "Sesungguhnya agama di sisi Allah itu adalah Islam", tetapi syari'at-Nya berbeda-beda sebagaimana firman-Nya: "Bagi masing-masing umat, telah Kami tetapkan syari'at dan tatanan hidup tertentu di antara kamu." Ayat ini tidaklah berlawanan satu dengan yang lain, karena agama-agama langit itu satu.>>

Dan sabda beliau:

اَلْأَنْبِيَاءُ إِخْوَةٌ لِعَلَّاتٍ

”Para nabi bersaudara dalam satu keluarga.”


إِنَّ أَوْلَى النَّاسِ بِابْنِ مَرْيَمَ لَأَنَا, فَلَيْسَ بَيْنِيْ وَ بَيْنَهُ نَبِيٌّ

“Sesungguhnya orang yang paling dekat dengan putra Maryam adalah aku, dan di antara aku dan dia tidak ada satupun nabi.”

Jadi, agama para nabi adalah satu, yaitu menyembah Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Dialah yang patut disembah kapan saja menurut cara yang diperintahkan nabi-Nya waktu itu. Itulah agama Islam yang sesuai dengan yang diturunkan pada waktu itu. Syari‘at yang datang kemudian terkadang menghapus syari‘at yang sebelumnya sesuai dengan kehendak Allah. Agama Islam yang mana Allah mengutus Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam untuk membawanya, sebenarnya adalah Islam yang satu itu juga. Terbukti Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat menghadap ke Baitul Maqdis - yang mana hal itu pernah beliau perintahkan kepada kaum muslim setelah hijrah - dan berlaku lebih dari sepuluh bulan. Sesudah itu shalat kaum muslim diwajibkan menghadap ke Ka‘bah dan diharamkan menghadap ke Baitul Maqdis. Namun demikian, agama Islam itu tetap satu sekalipun kiblatnya berbeda-beda pada kurun waktu yang berbeda.

Agama Islam ini juga yang mensyari‘atkan kepada Bani Israil untuk melakukan shalat pada hari Sabtu yang kemudian dihapuskan, lalu kaum muslim disyari‘atkan melaksanakan shalat Jum‘at. Pada waktu itu diwajibkan berkumpul pada hari Sabtu, tetapi kemudian yang diwajibkan kepada kaum muslim adalah berkumpul pada hari Jum‘at dan diharamkan berkumpul untuk melakukan shalat pada hari Sabtu.

Barang siapa keluar dari syari‘at Musa sebelum dihapus, maka dia bukan seorang muslim dan barang siapa tidak mau masuk ke dalam agama Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam setelah dihapuskannya syari‘at Musa, maka dia bukan seorang muslim. Dan Allah sama sekali tidak pernah mensyari‘atkan kepada seorang nabi pun untuk menyembah selain Allah, sebagaimamna firman-Nya pada surah Asy Syuraa ayat 13:

شَرَعَ لَكُم مِّنَ ٱلدِّينِ مَا وَصَّىٰ بِهِۦ نُوحٗا وَٱلَّذِيٓ أَوۡحَيۡنَآ إِلَيۡكَ وَمَا وَصَّيۡنَا بِهِۦٓ إِبۡرَٰهِيمَ وَمُوسَىٰ وَعِيسَىٰٓۖ أَنۡ أَقِيمُواْ ٱلدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُواْ فِيهِۚ كَبُرَ عَلَى ٱلۡمُشۡرِكِينَ مَا تَدۡعُوهُمۡ إِلَيۡهِ

“Telah disyari‘atkan kepada kamu suatu agama yang mana telah diwasiatkan agama itu kepada Nuh dan Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan Kami wasiatkan pula agama itu kepada Ibrahim dan Musa dan ‘Isa supaya kamu sekalian menegakkan agama ini dan janganlah kamu bercerai-berai dari agama ini. Sungguh, amat besar dosa kaum musyrik atas penyembahan yang mereka lakukan.”

Para rasul diperintahkan Allah untuk menegakkan agama Islam ini dan tidak boleh bercerai-berai dalam beragama ini. Golongan musyrik telah bercerai-berai ke dalam bermacam-macam kepercayaan kepada tuhannya, sedangkan golongan tauhid bersatu dalam aqidahnya, sebagaimana Allah berfirman pada surah Huud ayat 118-119:

وَلَوۡ شَآءَ رَبُّكَ لَجَعَلَ ٱلنَّاسَ أُمَّةٗ وَٰحِدَةٗۖ وَلَا يَزَالُونَ مُخۡتَلِفِينَ ١١٨ إِلَّا مَن رَّحِمَ رَبُّكَۚ وَلِذَٰلِكَ خَلَقَهُمۡ

“Dan mereka senantiasa dalam keadaan berselisih kecuali orang yang diberi rahmat oleh Tuhan-Mu dan untuk itulah Dia menciptakan mereka.”

Yang dimaksud dengan golongan yang mendapat rahmat ialah mereka yang bersatu dan bersepakat dalam aqidahnya, sedangkan golongan musyrik mencerai-beraikan agama mereka sehingga mereka menjadi bermacam-macam golongan.

Oleh karena itu, anda dapat menyaksikan bahwa yang muncul dari mereka hanyalah kesyirikan dan bid‘ah sehingga membuat para pengikutnya bercerai-berai. Tiap-tiap golongan musyrik Arab mempunyai berhala sendiri-sendiri yang mereka jadikan sebagai tandingan Allah. Mereka menggunakan berhala tersebut untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mereka memohon bantuan kepada berhala itu untuk memenuhi hajat mereka. Mereka telah menyekutukan berhala itu dengan Allah. Golongan musyrik yang satu tidak mau menyembah golongan musyrik lainnya dan begitu pula sebaliknya, satu dengan yang lain saling menjauhkan diri. Bahkan pengikut penyembah berhala ini mempunyai syari‘at yang berbeda dengan penyembah berhala lainnya.

Adapun jalan para rasul Allah adalah satu, yaitu jalan Al-Qur‘an. Allah berfirman pada surah Ash Shaffat ayat 180-182:

سُبۡحَٰنَ رَبِّكَ رَبِّ ٱلۡعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ ١٨٠  وَسَلَٰمٌ عَلَى ٱلۡمُرۡسَلِينَ ١٨١  وَٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ ١٨٢

“Mahasuci Tuhanmu, Tuhan Yang Mahamulia dari segala sifat yang mereka katakan. Salam sejahtera bagi para rasul. Dan segala pernyataan syukur hanyalah hak bagi Allah penguasa semesta alam.”

Seorang mukmin adalah orang yang beriman kepada Allah dengan semua nama-Nya yang ada dalam asmaul husna dan berdo‘a dengan menyebut nama-nama itu serta menjauhi segala sifat pengingkaran terhadap nama-nama-Nya dan ayat-ayat-Nya, sebagaimana firman-Nya pada surah Al A‘raaf ayat 180:

وَلِلَّهِ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ فَٱدۡعُوهُ بِهَاۖ وَذَرُواْ ٱلَّذِينَ يُلۡحِدُونَ فِيٓ أَسۡمَٰٓئِهِ

“Allah memiliki nama-nama yang baik. Oleh karena itu, sebutlah nama-Nya itu dalam berdo‘a kepada-Nya dan tinggalkanlah orang-orang yang mengingkari nama-nama-Nya.”

Dan firman-Nya pula pada surah Fushshilat ayat 40:

إِنَّ ٱلَّذِينَ يُلۡحِدُونَ فِيٓ ءَايَٰتِنَا لَا يَخۡفَوۡنَ عَلَيۡنَآ

“Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Kami, mereka itu tidak akan tersembunyi dari pengawasan Kami.”

Seorang mukmin hanya berdo‘a kepada Allah semata dan beribadah hanya kepada-Nya, tidak menyekutukan sesuatu apapun dalam beribadah kepada-Nya serta menjauhi jalan kaum musyrik, yaitu kaum yang Allah sebutkan pada surah Al Isra’ ayat 56-57:

قُلِ ٱدۡعُواْ ٱلَّذِينَ زَعَمۡتُم مِّن دُونِهِۦ فَلَا يَمۡلِكُونَ كَشۡفَ ٱلضُّرِّ عَنكُمۡ وَلَا تَحۡوِيلًا ٥٦ أُوْلَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ يَدۡعُونَ يَبۡتَغُونَ إِلَىٰ رَبِّهِمُ ٱلۡوَسِيلَةَ أَيُّهُمۡ أَقۡرَبُ وَيَرۡجُونَ رَحۡمَتَهُۥ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُۥٓۚ إِنَّ عَذَابَ رَبِّكَ كَانَ مَحۡذُورٗا ٥٧

“Katakanlah Muhammad: ‘Serulah berhala-berhala yang kamu percayai selain Dia, maka mereka tidak kuasa sedikit pun melepaskan bahaya dari diri kamu sekalian dan tidak kuasa pula mengalihkannya. Berhala-berhala yang mereka seru itu mereka jadikan sebagai wasilah, manakah di antara berhala-berhala itu yang paling dekat kepada Allah dan mengharapkan rahmat-Nya dan mereka takuti adzab-Nya. Sesungguhnya adzab Tuhanmu sejak semula senantiasa ditakuti.”

Oleh karena itu, hendaklah seorang mukmin bersungguh-sungguh dalam merealisasi-kan ilmu dan iman serta menjadikan Allah sebagai pemberi hidayah dan pemberi pertolongan, pemberi hukum, dan pemberi perlindungan. Sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi perlindungan dan pemberi pertolongan. Cukuplah Tuhanmu menjadi pemberi hidayah dan pemberi pertolongan.

Alhamdulillah rabbil alamiin (segala pernyataan syukur hanya menjadi hak Allah penguasa semesta alam). Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada tokoh para rasul (Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam), para keluarga, dan segenap shahabat beliau.


_____________
source: Books: Bahaya Mengekor Non Muslim (Mukhtarat Iqtidha’ Ash-Shirathal Mustaqim Syaikh Ibnu Taimiyah). Muhammad bin Ali Adh-Dhabi‘i, Penerbit Media Hidayah,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ Oleh: Ibnul Jauzi Orang Khawarij yang pertama kali dan yang paling buruk keadaannya ada...