9/11/2019

KEUTAMAAN TAUHID


KEUTAMAAN TAUHID

1. Tauhid merupakan perealisasian dari pondasi keadilan dan pokoknya, yang demikian itu dengan menempatkan hak yang paling agung secara mutlak - yaitu hak Allah - pada tempatnya yang benar, sedangkan syirik adalah lawan dari yang demikian itu, dan syirik merupakan kezholiman yang paling besar.

Allah جل جلاله berfirman:

إِنَّ ٱلشِّرۡكَ لَظُلۡمٌ عَظِيمٞ

“SESUNGGUHNYA KESYIRIKAN ITU MERUPAKAN KEZHOLIMAN YANG PALING BESAR”
(Q.S. Luqman; 13)

2. Bahwasannya pemiliknya mendapatkan hidayah yang sempurna, dan keamanan yang sempurna di dunia dan di akhirat.

Allah جل جلاله berfirman:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَلَمۡ يَلۡبِسُوٓاْ إِيمَٰنَهُم بِظُلۡمٍ أُوْلَٰٓئِكَ لَهُمُ ٱلۡأَمۡنُ وَهُم مُّهۡتَدُونَ

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampurkan keimanannya dengan kezholiman (kesyirikan), mereka itulah orang-orang yang mendapatkan keamanan dan mereka adalah orang-orang yang diberi petunjuk.”
(Q.S. Al-An’am; 82)

Dan yang dimaksud kezholiman di sini adalah kesyirikan, sebagaimana yang telah tetap dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka keamanan yang sempurna dan hidayah yang sempurna adalah buah dari perealisasian tauhid dan merupakan salah satu keutamaan tauhid.

3. Dan di antara keutamaannya yang paling besar adalah bahwa seorang hamba dengan merealisasikan tauhid ia terbebas dari perbudakan kepada para makhluk, ketergantungan dengan mereka, rasa takut kepada mereka, rasa harap kepada mereka, dan beramal karena mereka. Dan inilah kemuliaan yang hakiki dan kemulian yang tinggi, dan dengan demikian seseorang tadi telah merendahkan dan menghambakan diri hanya kepada Allah saja, sehingga sempurnalah keberuntungannya dan kesuksesannya tercapai.

4. Bahwasannya tauhid merupakan satu-satunya jalan menuju surga.

Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ لَقِيَ اللهَ لَا يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ

“BARANGSIAPA YANG MENEMUI ALLAH
DALAM KEADAAN TIDAK MENYEKUTUKAN-NYA DENGAN SESUATUPUN
MAKA IA MASUK SURGA.”

(H.R. Al-Bukhori)

Karunia apakah atau kemuliaan apakah yang lebih besar dari masuknya seseorang ke dalam surga?! Begitu juga dengan teraihnya kedekatan kepada Allah.

5. Dan diantara keutamaan tauhid yang paling besar adalah bahwa diterimanya seluruh amal dan perkataan baik yang nampak maupun yang tidak nampak dan pahala yang akan didapatkan tergantung kepada tauhid seseorang.

Allah جل جلاله berfirman:

فَمَن كَانَ يَرۡجُواْ لِقَآءَ رَبِّهِۦ فَلۡيَعۡمَلۡ عَمَلٗا صَٰلِحٗا وَلَا يُشۡرِكۡ بِعِبَادَةِ رَبِّهِۦٓ أَحَدَۢا

“Maka barangsiapa mengharapkan perjumpaan dengan Rabb-nya hendaknya beramal sholeh dan tidak berlaku syirik dalam beribadah kepada Rabb-nya.”
(Q.S. Al-Kahfi; 110)

***********


Source:
Tarjamah at-Taqriirot al-Mufiidah fi Ahammi Abwaabi al-‘Aqidah
Alih bahasa: Abu Khonsa
Muraaja’ah: Abu Mu’adz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ Oleh: Ibnul Jauzi Orang Khawarij yang pertama kali dan yang paling buruk keadaannya ada...