9/11/2019

KEMASLAHATAN TERBESAR dan KERUSAKAN TERBESAR


TAUHID ADALAH KEMASLAHATAN TERBESAR
DAN SYIRIK ADALAH KERUSAKAN TERBESAR


Ketahuilah - semoga Allah merahmatimu – bahwa kemaslahatan terbesar adalah iman kepada Allah dan mentauhidkan-Nya, dan kerusakan terbesar adalah kufur kepada Allah dan kesyirikan kepada-Nya.

Kemaslahatan di dalam tauhid merupakan kemaslahatan yang murni yang sempurna yang tidak ada kerusakan di dalamnya. Kemaslahatan mengedepankan hak Allah lebih agung dan lebih mulia dari maslahat-maslahat keduniaan, oleh karena itu menyeburkan diri dalam bahaya dan membinasakan diri di jalan Allah untuk menegakkan tauhid merupakan maslahat syar’i yang dengannya manusia mendapatkan kedudukan yang paling tinggi, dan dengannya Allah menolak kerusakan yang paling besar, walaupun di dalam jihad terdapat pembunuhan dan lenyapnya jiwa, meninggalkan anak-anak dan harta.

Agama merupakan perkara yang paling pertama dari perkara-perkara dhorurat yang wajib untuk menjaganya. Apabila maslahat agama bertentangan dengan maslahat dhoruri yang lainnya, maka sesungguhnya menolak kerusakan dari agama didahulukan dari menolak kerusakan yang lainnya, dan inilah perkara yang Allah perintahkan kepada Rosul-Nya untuk bersabar atasnya, dan tidak mengorbankan prinsipnya walaupun ia mesti terbunuh karenanya.

SESUNGGUHNYA KERUSAKAN TERBESAR DAN YANG PALING BURUK ADALAH 

 PERBUATAN SYIRIK KEPADA ALLAH,
IA MERUPAKAN KEZHOLIMAN YANG PALING BESAR,

KARENA IA MURNI MEMALINGKAN HAK ALLAH UNTUK SELAIN-NYA,
DAN MENGANGKAT MAKHLUK-MAKHLUK YANG SERBA KEKURANGAN DARI SISI MANAPUN KE TINGKATAN SANG KHOLIQ YANG MAHA SEMPURNA DARI SELURUH SISI.

***********


Source:
Tarjamah at-Taqriirot al-Mufiidah fi Ahammi Abwaabi al-‘Aqidah
Alih bahasa: Abu Khonsa
Muraaja’ah: Abu Mu’adz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ Oleh: Ibnul Jauzi Orang Khawarij yang pertama kali dan yang paling buruk keadaannya ada...