9/10/2019

QISHASH KEDUSTAAN DAN SEJENISNYA - Ibnu Taimiyah


QISHASH KEDUSTAAN DAN SEJENISNYA
Oleh : Ibnu Taimiyah


Adapun dusta dan sejenisnya, maka tidak ada qishasnya, tapi terdapat sanksi selain itu. Yang termasuk kedustaan antara lain, hukuman menuduh berzina yang absah dalam al-Qur'an, as-Sunnah dan Ijma'. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَالَّذِيْنَ يَرْمُونَ الْمُحْصَنَـتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوا بِأَرْبَعَةِ شُهُدَآءَ فَاجْلِدُوهُمْ ثَمَنِيْنَ جَلْدَةً وَلَا تَقْتُلُوا لَهُمْ شَهَدَةً أَبَدًا، وَأُولَئِكَ هُمُ الْفَسِقُوْنَ. إِلَّا الَّذِيْنَ تَابُوا مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ وَأَصْلَحُوا فَإِنَّ اللهَ غَفُورٌ رَّحِيْمٌ

"Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka untuk selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik. Kecuali orang-orang yang bertaubat sesudah itu dan memperbaiki (dirinya), maka sesungguhnya Allah Malta Pengampun lagi Maha Penyayang." (An-Nur: 4-5).

Jika seorang merdeka menuduh seorang muhshan (muslim, merdeka dan memelihara diri) berzina dan melakukan homoseksual (liwath), maka dia berhak mendapatkan sanksi karena tuduhan tersebut, yaitu 80 kali dera. Jika ia menuduhnya dengan tuduhan selain itu, maka ia diberi sanksi ta'zir.

Sanksi ini menjadi hak orang yang dituduh. Hak tersebut tidak boleh dijalankan melainkan dengan permintaannya, menurut kesepakatan para ahli fikih. Tapi jika ia memaafkannya, maka sanksi tersebut gugur, menurut jumhur ulama. Karena yang dominan di dalamnya ialah hak Adami, seperti halnya qishash dan harta. Konon, sanksi itu tidak gugur karena hak Allah lebih dominan, karena tidak ada kesetaraan, seperti halnya hudud lainnya. Hukuman karena menuduh zina hanya wajib dilaksanakan, apabila orang yang dituduh itu seorang muhshan -yaitu muslim, merdeka lagi memelihara diri- .

Adapun orang yang sudah masyhur dengan perbuatan maksiat, maka tidak ada had bagi orang yang menuduhnya, demikian pula orang kafir dan hamba sahaya, tetapi orang yang menuduhnya diberi sanksi ta'zir. Kecuali suami, ia boleh menuduh istrinya, apabila ia berzina tapi tidak hamil dari perzinaan tersebut. Apabila ia hamil dari perzinaan itu dan melahirkan anak, maka ia harus menuduhnya dan menafikan anaknya; agar tidak bernasab kepadanya anak yang bukan dari benihnya. Jika ia telah menuduhnya, maka wanita tersebut memilih dua kemungkinan: mengaku berzina atau melaknat suaminya, sebagaimana disinyalir dalam al-Qur'an dan as-Sunnah. Sekiranya penuduh itu seorang hamba sahaya, maka ia dihukum dera separuh hukuman yang berlaku bagi orang merdeka. Demikian pula mengenai dera zina dan meminum khamr. Karena Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, mengenai hamba sahaya,

فَإِنْ أَتَيْنَ بِفَحِشَةٍ فَعَلَيْهِنَّ نِصْفُ مَا عَلَى الْمُحْصَنَتِ مِنَ الْعَذَابِ

"Kemudian jika mereka mengerjakan perbuatan yang keji (zina), maka atas mereka separo hukuman dari hukuman wanita-wanita merdeka yang bersuami." (An-Nisa : 25).

Adapun bila sanksi yang wajib itu berupa pembunuhan atau potong tangan, maka tidak berlaku separuh hukuman.


Source:
KUMPULAN FATWA IBNU TAIMIYAH
[Tentang Amar Ma’ruf Nahi Munkar & Kekuasaan, Siyasah Syar’iyah dan Jihad Fi Sabilillah]
Penerjemah: Ahmad Syaikhu, S.Ag
Muraja’ah: Tim Pustaka DH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ Oleh: Ibnul Jauzi Orang Khawarij yang pertama kali dan yang paling buruk keadaannya ada...