5/22/2019

Pengingat & Pesan Kematian

Pengingat & Pesan Kematian 
(Karena Hal Ini Pasti Akan Terjadi)


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّهُ حَدَّثَهُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا وُضِعَ فِي قَبْرِهِ وَتَوَلَّى عَنْهُ أَصْحَابُهُ، وَإِنَّهُ لَيَسْمَعُ قَرْعَ نِعَالِهِمْ، أَتَاهُ مَلَكَانِ فَيُقْعِدَانِهِ فَيَقُولاَنِ: مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ؟ لِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَمَّا الْمُؤْمِنُ فَيَقُولُ: أَشْهَدُ أَنَّهُ عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ. فَيُقَالُ لَهُ: انْظُرْ إِلَى مَقْعَدِكَ مِنْ النَّارِ، قَدْ أَبْدَلَكَ اللَّهُ بِهِ مَقْعَدًا مِنْ الْجَنَّةِ. فَيَرَاهُمَا جَمِيعًا.

قَالَ قَتَادَةُ: وَذُكِرَ لَنَا أَنَّهُ يُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ثُمَّ رَجَعَ إِلَى حَدِيثِ أَنَسٍ قَالَ: وَأَمَّا الْمُنَافِقُ وَالْكَافِرُ فَيُقَالُ لَهُ: مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ؟ فَيَقُولُ: لاَ أَدْرِي. كُنْتُ أَقُولُ مَا يَقُولُ النَّاسُ. فَيُقَالُ: لاَ دَرَيْتَ وَلاَ تَلَيْتَ. وَيُضْرَبُ بِمَطَارِقَ مِنْ حَدِيدٍ ضَرْبَةً، فَيَصِيحُ صَيْحَةً يَسْمَعُهَا مَنْ يَلِيهِ، غَيْرَ الثَّقَلَيْنِ.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu: Bahwa dia menceritakan kepada mereka bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya jika seorang hamba (jenazahnya) sudah diletakkan didalam kuburnya dan teman-temannya sudah pergi meninggalkannya dan dia dapat mendengar suara langkah alas kaki mereka, maka datanglah kepadanya dua (2) malaikat yang akan mendudukkannya kemudian mereka berkata: Apa yang dahulu kamu katakan tentang laki-laki ini, Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam? Maka seorang Mukmin akan menjawab: Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan utusan-Nya. Maka dikatakan kepadanya: Lihatlah tempat dudukmu di neraka, Allah telah menggantikannya untukmu dengan tempat duduk di surga. Maka dia dapat melihat keduanya".

Qatadah berkata: Dan disebutkan kepada kami bahwa dia (hamba Mukmin itu) akan dilapangkan dalam kuburnya. Kemudian dia kembali melanjutkan hadis Anas, dia berkata : Sementara (jenazah) orang Munafik dan Kafir, akan dikatakan kepadanya: Apa yang dahulu kamu katakan tentang laki-laki ini (Muhammad)? Maka dia akan menjawab: Aku tidak tahu, aku hanya mengatakan apa yang dikatakan orang-orang. Maka dikatakan kepadanya: Kamu tidak mengetahui dan tidak mengikuti orang yang mengetahui. Kemudian dia dipukul dengan palu yang terbuat dari besi sehingga ia mengeluarkan suara teriakan yang dapat didengar oleh yang ada di dekatnya kecuali jin dan manusia. (Shahih Bukhari, 1285)


Pesan & Hikmah Yang Bisa Kita Ambil ;

Setiap orang yg telah meninggal dunia pasti akan didatangi 2 malaikat yg akan bertanya kepadanya. Salah satu pertanyaannya adalah mengenai Nabi Muhammad. Orang2 yg beriman akan menjawab: Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan utusan-Nya, tidak mendustakan Rasulullah, sembari melaksanakan perintah & menjauhi larangan2 Rasulullah. Maka bangkunya di neraka akan digantikan dengan bangku di surga.

Sementara orang2 Kafir dan Munafik akan menjawab: Aku tidak tahu, aku hanya mengatakan apa yg dikatakan orang2, yg kemudian ia pun disiksa oleh malaikat tersebut. Ini adalah jawaban dari orang2 Kafir & Munafik di kuburan nanti, krn dia tdk mengilmui apa saja yg diperintah & dilarang oleh Allah & Rasul-Nya, tdk mengikuti jejak perjuangan Rasulullah & tdk konsisten serta istiqomah dalam menjalankan segala perintah & larangan Rasulullah. Wallahu a'lam..



>>PasteFrom_Channel_RTQ AL-IHSAN<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ Oleh: Ibnul Jauzi Orang Khawarij yang pertama kali dan yang paling buruk keadaannya ada...