8/28/2019

Lagu-Laguan Adalah Suara Setan


Lagu-Laguan Adalah Suara Setan

Di antara masalah yang (merupakan bencana yang merata) adalah bencana musik dan lagu-laguan.

Allah ta’ala berfirman:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِى لَهْوَ الْحَدِيْثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيْلِ اللهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَ يَتَّخِذَهَا هُزُوًا * أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُّهِيْنٌ

“DAN DI ANTARA MANUSIA (ADA) ORANG YANG MEMPERGUNAKAN LAHWAL HADITS (HAL-HAL DAN PERKATAAN YANG TAK BERGUNA) UNTUK MENYESATKAN (MANUSIA) DARI JALAN ALLAH.”
(QS. Luqman: 6)

Memang kenyataannya demikian, musik dan lagu-laguan yang notabene merupakan lahwal hadits telah menghambat manusia dari memahami Al-Qur’an bahkan dari membacanya. Telinga yang semestinya penuh dengan ayat-ayat Al-Qur’an sekarang telah tersumbat dengan lagu-laguan, mulut yang semestinya basah dengan bacaan Al-Qur’an sekarang basah dengan lagu-laguan.

Allah ta’ala berfirman:

وَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا لَا تَسْمَعُوْا لِهَذَا الْقُرْآنِ وَ الْغَوْا فِيْهِ لَعَلَّكُمْ تَغْلِبُوْنَ

“Dan orang-orang kafir berkata: “Janganlah kamu mendengarkan akan Al-Qur’an ini dengan sungguh-sungguh dan (buat) hiruk pikuklah terhadapnya supaya kamu bisa mengalahkan (mereka)”
(QS. Fushshilat: 26)

Maha benar Allah, mereka telah membikin hiruk pikuk dengan siaran TV, Radio, DVD, Kaset, dll, yang kebanyakan melalaikan dari Al Qur’an.

Allah ta’ala berfirman:

أَفَمِنْ هَذَا الْحَدِيْثِ تَعْجَبُونَ* وَتَضْحَكُونَ وَلَا تَبْكُوْنَ * وَأَنْتُمْ سَمِدُوْنَ

Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? Dan kamu mentertawakan dan tidak menangis. Sedang kamu melengahkan(nya)”.
(QS. An Najm 59-61)

Saamidun berasal dari kata As-Samadu, Ibnu ‘Abbas berkata: As-Samadu dalam bahasa Himyar adalah Al-Ghinaa (lagu-laguan).

Jadi arti Saamidun: kalian bernyanyi. Dalam ayat itu Allah mengingkari perbuatan orang kafir Nabi shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَيَكُونَنَّ فِي أُمَّتْي أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَّ وَ الْحَرِيْرُ وَ الْخَمْرُ وَ الْمَعَازِفُ

“Sungguh akan ada pada umatku kaum-kaum yang menganggap halal (menghalalkan) zina, memakai sutra (laki-laki maksudnya), khamr (minuman keras) dan alat musik”.
(HR. Bukhari)

Kabar rasul ini telah terjadi, seperti yang kita alami.
Allah ta’ala telah memberi tanda ‘Ibaadurrahman (hamba-hamba Allah Yang Maha
Penyayang) Dalam firman-Nya:

وَالَّذِيْنَ لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَ إِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ مَرُّوا كِرَامًا

“Dan (mereka itu) orang-orang yang tidak menyaksikan Azzur, dan apabila mereka bertemu dengan (orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaidah mereka berlalu saja dengan menjaga kehormatan”.
(QS. Al-Furqan: 72)

Muhammad Ibnu Al Hanafiyyah rahimahullah berkata Azzur: adalah (lagu-laguan) dalam ayat ini.

Ibnu Mas’ud rahimahullah berkata: Al-Ghinaa itu menumbuhkan kenifaqan di dalam hati sebagai mana air mensuburkan tanaman.

Yazid Ibnu Alwalid berkata: Hati-hatilah kalian terhadap musik karena hal itu mengurangi sifat malu, menambah nafsu birahi (syahwat), menghancurkan muru‘ah (harga diri dan sifat-sifat mulia). Dia itu pendamping khamr, dan bereaksi seperti reaksinya sesuatu yang memabukan.

Dan dikatakan: bahwa Al-Ghinaa itu pembimbing segala kemaksiatan.

Imam keempat madzab mengatakan pelarangan Al-Ghinaa:
1) Imam Abu Hanifah berkata; “Bersengaja mendengarkan (musik dan lagu-laguan) adalah kefasikan.

2) Imam Malik berkata ketika ditanya tentang Al-Ghinaa: itu hanya dilakukan oleh orang-orang fasiq.

3) Imam Asy Syafiy berkata: Al-Ghinaa adalah لهو (permainan) yang dibenci sekali, dan persis (sama) dengan kebathilan. Dan barangsiapa yang banyak melakukannya maka dia itu سفيه (orang lemah akalnya) yang ditolak kesaksiannya.

4) Imam Ahmad Ibnu Hambal berkata, Al-Ghinaa itu menumbuhkan kemunafikan di dalam hati, saya tidak tertarik sama sekali.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَاسْتَفْزِزْ مَنِ اسْتَطَعْتَ مِنْهُمْ بِصَوْتِكَ

“Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan suara kamu
(Al Isra: 64)

Imam Mujahid berkata: Suara syaitan adalah Al-Ghinaa

Diujung tulisan ini saya tuturkan perkataan Syaikh Azzahrany:

حُبُّ الْكِتَابِ وَ حُبُّ الْحَانِ الْغِنَا – فَبِقَلْبِ عَبْدٍ لَيْسَ يَجْتَمِعَانِ

“Cinta Al-Kitab (Al-Qur’an) dan cinta lantunan musik di hati seorang hamba tidak mungkin keduanya berkumpul”

(Diambil dari kitab Wiqayatul Insan dan yang lainnya)

Source:
(Kumpulan Risalah Yang Memiliki Faidah)
Penyusun : Abu Sulaiman Aman Abdurrahman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ Oleh: Ibnul Jauzi Orang Khawarij yang pertama kali dan yang paling buruk keadaannya ada...