8/25/2019

Saudi Resmi Bolehkan Wanita Keluar Rumah & Negeri Tanpa Izin Walinya

Saudi Resmi Bolehkan Wanita Keluar Rumah & Negeri Tanpa Izin Walinya 

source: mata-media.net

RIYADH (Mata-Media.Net) – Kebijakan dan aturan yang diterapkan Arab Saudi terhadap warganya semakin liberal dan tak sesuai dengan ajaran Islam. Kali ini, rezim Saudi secara resmi membolehkan warga wanitanya yang ingin keluar negeri. Terhitung sejak Selasa (20/8/2019), perempuan Saudi berusia 21 tahun dan lebih bisa membuat paspor dan berpergian keluar negeri dan rumah tanpa izin dari wali laki-laki dan orang tuanya.

Aturan baru ini pertama kali diumumkan pada awal Agustus 2019 lalu, untuk menghapus sistem lama di mana setiap perempuan hanya bisa keluar negeri jika mendapat restu dari wali laki-laki di keluarga dan orang tuanya. Kalau wali dan orang tuanya tidak mengizinkan, maka mereka tidak boleh keluar rumah atau keluar negeri.

“Departemen paspor mulai menerima permintaan bagi perempuan berusia 21 tahun dan lebih untuk membuat atau memperbarui paspor serta untuk berpergian keluar Kerajaan tanpa izin (wali laki-laki),” cuit departemen dalam pernyataan, seperti dilaporkan kembali AFP pada Rabu (21/8/2019).

Sebelumnya, perempuan Saudi harus mendapat izin dari wali laki-laki, yakni orang tua, suami, ayah, atau saudara kandung, jika berpergian. Hal ini sudah sesuai dengan ajaran Islam.

Namum lambat laun dibawah kendali Pangeran Mahkota, Mohamed bin Salman, Saudi mulai mereformasi aturan-aturan yang membatasi peran perempuan sejak beberapa tahun lalu untuk mendukung Visi 2030.
Perubahan lain yang diumumkan pada awal bulan ini adalah, wanita Saudi diberikan hak untuk mendaftarkan kelahiran, pernikahan atau perceraian, serta diakui sebagai wali bagi anak di bawah umur, seperti layaknya laki-laki.

Sebelumnya, perempuan Saudi juga diperbolehhkan menyetir mobil sendiri, menonton pertandingan olahraga di stadion, memakai bikini di pantai dna sejumlah aturan lain yang tidak sesuai dengan adat Saudi dan ajaran Islam. Perempuan juga diperbolehkan bekerja di bidang-bidang yang selama ini hanya ditekuni pria, termasuk di pemerintahan. [AR/dbs]

 

Saudi Arabia changed its guardianship laws, but activists who fought them remain imprisoned

Saudi women can now travel without the permission of a male guardian and now have employment discrimination protections.
 source: www.vox.com


 ||Twitter : Reema Bandar Al-saud

I am elated to confirm that KSA will be enacting amendments to its labor and civil laws that are designed to elevate the status of Saudi women within our society, including granting them the right to apply for passports and travel independently. 


Jeddah World Fest was the perfect finale to a fun-filled summer in Jeddah. Crowds had a wonderful time with artists including , , , , , , , and !

Internationally recognized boy band, , amazed the Jeddah crowd with their nostalgic music that took everyone back to the 90s!

Dancing is a form of free expression and it's part of the whole Historic Jeddah (Al Balad) experience. Crowds gather to enjoy dance competitions and live performances.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ Oleh: Ibnul Jauzi Orang Khawarij yang pertama kali dan yang paling buruk keadaannya ada...