7/27/2019

S A B A R - Oleh Ibnu Qayyim


S A B A R
Oleh :Ibnu Qayyim AI-Jauziyah
 
 
Menurut Al-Imam Ahmad, kata sabar disebutkan di dalam AI-Qur’an di tujuh puluh tempat. Menurut ijma’ ulama umat, sabar ini Wajib, dan merupakan separoh iman. Karena Iman itu ada dua Paroh; separoh adalah sabar dan separoh lagi adalah syukur. Sabar ini disebuthan dalam AI-Qur’an dalam enam belas versi:

1.     Perintah sabar, seperti firman-Nya,

وَاسْتَعِيْنُوا بَالصَّبْرِ وَالصَّلَوةِ

“Dan, mintalah; pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat.“
(AlBaqarah: 45).

2.     Larangan melakukan sebaliknya, seperti firman-Nya,

“Dan, janganlah kalian bersikap lemah dan janganIah (pula) kalian bersedih hati.” (Ali Imran: 139).

Sikap lemah dan selalu bersedih hati artinya tidak sabar. Karena itu dilarang.

3.     Pujian terhadap pelakunya, seperti firman-Nya,

وَالصَّبِرِيْنَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِيْنَ الْبَأْسِ, أُولَئِكَ الَّذِيْنَ صَدَقُوا وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

“Dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang bersabar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. “ (AI-Baqarah: 177).

4.     Keharusan sabar karena Allah mencintainya, seperti firman-Nya,

“Dan, Allah; mencintai orang-orang yang sabar. “ (AI-Baqarah: 146).

5.     Allah bersama orang-orang yang sabar,
dan ini merupakan kebersamaan secara khusus, yang berarti menjaga, melindungi dan menolong mereka, bukan sekedar kebersamaan secara umum, seperti firman-Nya,

وَاصْبِرُوا إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّبِرِينَ

“Dan, bersabarlah kalian, karena Allah beserta orang-orang yang sabar.”
(Al-Anfal: 46).

6.     Pengabaran Allah bahwa sabar ini lebih baik bagi para pelakunya, seperti firman-Nya,

“Tetapi jika kalian bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar. “ (An-Nahl: 126).

7.     Allah memberikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik, seperti firman-Nya,

“Dan, sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (An-Nahl: 96).

8.     Orang-orang yang sabar diberi balasan tanpa batas, seperti firman-Nya,

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pada mereka tanpa batas. “ (Az-zumar: 10).

9.     Orang-orang yang sabar mendapatkan kabar gembira, seperti firman-Nya,

“Dan sunguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, iwa dan buah-buahan. Dan, berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. “ (Al-Baqarah: 155).

10.  Jaminan pertolongan bagi orang-orang yang sabar, seperti firman-Nya,

“Ya (cukup), jika kalian bersabar dan bertakwa, dan mereka datang, menyerang kalian dengan seketika itu )uga, niscaya Allah menolong kalian dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda.“ (Ali lmran: 125).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرُ مَعَ الصَّبْرِ
“Dan ketahuilah bahwa pertolongan itu beserta kesabaran.”

11.  Pengabaran dari Allah bahwa orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang mulia, seperti firman-Nya,
“Tetapi orang yang sabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan. “ (Asy-Syura: 43).

12.  Pengabaran dari Allah bahwa pahala amal shalih hanya layak diperoleh orang-orang yang sabar, seperti firman-Nya:

“Kecelakaan yang besarlah bagi kalian, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal shalih, dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yang sabar. “ (Al-Qashash.: 80).

13.  Pengabaran bahwa hanya orang-orang yang bersabarlah yang bisa mengambil pelajaran dan manfaat dari ayat-ayat Allah, seperti firman-Nya,

“Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang, dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Alflah. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang yang penyabar dan banyak bersyukur.“ (Ibrahim: 5).

14.  Pengabaran bahwa keberuntungan yang diharapkan, keselamatan dari sesuatu yang ditakuti dan masuk surga, diperoleh orang-orang yang memperolehnya karena kesabaran mereka, seperti firman-Nya,

“Dan, para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu (sambil, mengucapkan), ‘Keselamatan bagi kalian; berkat kesabaran kalian Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu. “ (Ar-Ra’d: 24).

15.  Sabar mempusakakan derajat kepeloporan dan kepemimpinan. Saya pernah mendengar Syaikhul-lslam berkata, “Dengan kesabaran dan keyakinan dapat diperoleh kepemimpinan dalam agama.” Lalu Dia membawa ayat,

“Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar, dan mereka meyakini ayat-ayat Kami.“ (As-Sajdah: 24).

16.  Allah mengaitkan kesabaran dengan berbagai poSisi dalam Islam, iman, keyakinan, takwa, tawakkal, syukur, amal shalih, rahmat dan lain sebagainya.

Karena itu sabar termasuk bagian dari iman, seperti kedudukan kepala dan tubuh. Tidak ada artinya iman bagi seseorang yang tidak memiliki kesabaran, sebagaimana tidak ada artinya tubuh tanpa kepala. Umar bin AI-Khaththab berkata, “Hidup yang paling baik ialah yang kami lalui dengan kesabaran.”

Di dalam sebuah hadits disebutkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

عَجَبًا لِلْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلُّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لَأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“SUNGGUH MENAKJUBKAN URUSAN ORANG MUKMIN.
SESUNGGUHNYA SEMUA URUSANNYA MERUPAKAN KEBAIKAN BAGINYA,
DAN YANG DEMIKIAN ITU TIDAK DIMILIKI KECUALI ORANG MUKMIN SAJA.
JIKA MENDAPAT KESENANGAN, DIA BERSYUKUR,
MAKA ITU MERUPAKAN KEBAIKAN BAGINYA,
DAN JIKA DITIMPA PENDERITAAN, DIA SABAR,
MAKA ITU MERUPAKAN KEBAIKAN BAGINYA.“

Ada seorang wanita yang menderita sakit ayan. Lalu dia ,meminta kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam agar berdoa bagi kesembuhannya. Maka beliau bersabda, “Jika engkau ingin, maka engkau bisa bersabar dan engkau mendapatkan surga, dan jika engkau ingin, maka aku bisa berdoa kepada Allah agar memberikan afiat kepadamu.” Maka wanita itu berkata, “Aku sudah membuka kekuranganku. Maka berdoalàh kepada Allah agar tidak membuka kekuranganku di akhirat.” Maka beliau berdoa baginya.

Beliau memerintahkan orang-orang Anshar untuk bersabar menghadapi hal-hal yang kurang menyenangkan sepeninggal beliau, hingga mereka bersua beliau di liang kubur. Beliau jugá memerintahkan untuk sabar saat berhadapan dengan musuh dan sabar saat ditimpa musihah.

Beliau memerintahkan orang yang ditimpa musibah agar melakukan hal yang paling bemanfaat baginya, yaitu sabar dan mencari ridha Allah, karena yang demikian itu akan meringankan musibahnya dan melipat gandakan pahalanya. Mengeluh dan gundah hati justru membuat musibah itu terasa semakin berat dan menghilangkan pahala.

Sabar menurut pengertian bahasa adalah menahan atau bertahan. Jika dikatakan, “Qutila Fulan Shabran’” artinya Fulan terbunuh karena hanya bertahan. Jadi sabar artinya menahan diri dari rasa gelisah, cemas dan amarah; menahan lidah dan keluh kesah; menahan anggota tubuh dari kekacauan.

Sabar Ini Ada Tiga Macam:
   Sabar dalam ketaatan kepada Allah,
   Sabar dari kedurhakaan kepada Allah, dan
   Sabar dalam ujian Allah.

Dua macam yang pertama merupakan kesabaran yang berkaitan dengan tindakan yang dikehendaki dan yang ketiga tidak berkait dengan tindakan yang dikehendaki. Saya pernah mendengar Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Kesabaran Yusuf menghadapi rayuan istri Tuannya lebih sempurma daripada kesabaran beliau saat dimasukkan ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya, saat dijual dan saat berpisah dengan bapaknya. Sebab hal-hal ini terjadi di luar kehendaknya, sehingga tidak ada pilihan lain bagi hamba kecuali sabar menerima musibah. Tapi kesabaran yang memang beliau kehendaki dan diupayakannya saat menghadapi rayuan istri Tuannya, kesabaran memerangi nafsu, jauh lebih sempurna dan utama, apalagi di sana banyak faktor yang sebenarnya menunjang untuk memenuhi rayuan itu, seperti keadaan beliau yang masih bujang dan muda, karena pemuda lebih mudah tergoda oleh rayuan. Keadaan beliau yang terasing, jauh dari kampung halaman, dan orang yang jauh dari kampung halamannya tidak terlalu merasa malu.  Keadaan beliau sebagai budak, dan seorang budak tidak terlalu peduli seperti halnya orang merdeka. Keadaan istri tuannya yang cantik, terpandang dan tehormat, tanpa ada seorang pun yang melihat tindakannya dan dia pula yang menghendaki untuk bercumbu dengan beliau. Apalagi ada ancaman, seandainya tidak patuh, beliau akan dijebloskan ke dalam penjara dan dihinakan. Sekalipun begitu beliau tetap sabar dan lebih mementingkan apa yang ada di sísi Allah.”

Ibnu Taimiyah juga pernah berkata,
Sabar dalam melaksanakan ketaatan lebih baik daripada sabar menjauhi hal-hal yang haram. Karena kemaslahatan melakukan ketaatan lebih disukai Allah daripada kemaslahatan meninggalkan kedurhakaan, dan keburukan tidak taat lebih dibenci Allah daripada keburukan adanya kedurhakaan.”


Ada tiga jenis lain dari sabar, yaitu:
1. Sabar karena pertolongan Allah. Artinya mengetahui bahwa kesabaran itu berkat pertolongan Allah dan Allahlah yang memberikan kesabaran, sebagaimana firman-Nya,

“Bersabarlah (Hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah. “ (An-Nahl: 127).

Jika Allah tidak membuat beliau sabar, maka beliau tidak akan sabar

2. Sabar karena Allah. Artínya pendorong sabar adalah cinta kepada Allah, mengharapkan Wajah-Nya dan taqarrub kepada-Nya, bukan untuk menampakkan kekuatan jiwa dan ketahanan kepada manusia atau tujuan-tujuan lain.
 
3. Sabar beserta ‘Allah. Artínya perjalanan hamba bersama kehendak Allah, yang berkaitan dengan hukum-hukum agama, sabar dalam melaksanakan hukum-hukum itu dan menegakkannya.

Banyak definisi dan pengertian yang dibuat para ulama dan orang-orang salaf tentang sabar. Yang pasti Allah telah memerintahkan kesabaran yang baik, pengampunan yang baik dan penghindaran yang baik didalam Kitab-Nya. Saya pernah mendengar lbnu Taimiyah herkata, “Kesabaran yang baik ialah yang tidak disertai pengaduan, pengampunan yang baik ialah yang tidak disertai celaan, dan penghindaran yang baik ialah yang tidak disertai ucapan yang menyakitkan.”

Pengaduan kepada Allah tidak menafikan kesabaran, karena Ya’qub Alaihis Salam telah berjanji untuk bersabar dengan baik, dan seorang nabi tidak akan mengingkari janjinya. Namun beliau tetap mengadu kepada Allah,

إَنَّمَا أَشْكُوا بَثِّي وَحَزْنِي إِلَى اللهِ وَاعْلَمُ مِنَ اللهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

“Sesungguhnya hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah; apa yang kalian tidak mengetahuinya.” (Yusuf: 86).

Yang benar, mengadukan Allah dapat menafikan kesabaran, dan bukan pengaduan kepada Allah.

Pengarang Manazilus-Sa’irin berkata, “Sabar artinya menahan diri dalam menghadapi hal-hal yang tidak disenangi dan membelenggu lisan agar tidak mengadu, ini merupakan tempat persinggahan yang paling sulit bagi orang awam dan jalan cinta yang paling terjal serta jalan tauhid yang paling diingkari.

Dikatakan sulit bagi orang awam, karena orang awam barú memulai perjalanan dan belum terlatih untuk menempuh satu etape-pun. Jika dia mendapat ujian, maka dia mudah gundah dan sulit menghadapi musibah, sehingga berat untuk sabar. Dia belum terlatih sehingga sulit untuk sabar, dan dia bukan termasuk orang yang mencintai sehingga sulit menerima musibah dengan penuh keridhaan terhadap kekasih yang dicintainya.

Dikatakan jalan cinta yang paling terjal, karena cinta ini mengharuskan adanya kesukaan orang yang mencintai dalam menghadapi cobaan dari kekasihnya. Sementara sabar mengharuskan adanya kebencian terhadap hal itu dan keterpaksaan menahan diri saat menghadapìnya. Maka sabar merupakan jalan cinta yang paling terjal.

Dikatakan jalan tauhid yang paling diingkarì, karena di dalam sabar terdapat kekuatan pengakuan. Orang sabar mengaku memiliki keteguhan hati yang kuat. Berarti hal ini harus berbenturan dengan kemurnian tauhid. Sebab pada hakikatnya tidak seorang pun memiliki kekuatan. Semua kekuatan hanya milik Allah. Itulah sebabnya maka sabar merupakan sesuatu yang diingkari di jalan tauhid, dan bahkan sabar merupakan kemungkaran yang paling diingkarì. Tauhid mengembalikan segala sesuatu kepada Allah dan sabar mengembalikan segala sesuatu kepada diri sendiri. Keteguhan hati dalam tauhid adalah sesuatu yang harus diingkari.

Perkataannya yang terakhir ini tidak bisa diterima. Yang benar, sabar merupakan tempat persinggahan yang paling kuat di jalan cinta dan merupakan keharusan bagi orang-orang yang mencintai serta merupakan hasrat yang paling dibutuhkan dalam setiap etape perjalanan. Kebutuhan orang yang mencintai terhadap kesabaran ini sangat urgen. Maka hanya para wali Allah dan para kekasih-Nya yang disifati Allah sebagai orang-orang yang sabar.

Menurut pengarang Manazilus-Sa’irin, ada tiga derajat sabar, yaitu:

1. Sabar dalam menghindari kedurhakaan, dengan memperhatikan peringatan, tetap teguh dalam iman dan mewaspadai hal yang haram. Yang lebih baik lagi adalah sabar menghindari kedurhakaan karena malu.

Ada dua sebab dan dua faidah sabar dalam menghìndari kedurhakaan.
Dua sebabnya adalah:

- Takut terjadinya peringatan, sebagai akibat dari kedurhakaan itu.
- Malu terhadap Allah, karena nikmatNya dibalas dengan kedurhakaan.

Adapun dua faidahnya adalah:

- Tetap teguh dalam iman.
- Mewaspadai hal—hal yang haram.

Memperhatikan peringatan dan takut kepadanya membangkitkan kekuatan iman terhadap pengabaran dan pembenaran kandungannya. Sedangkan malu terhadap Allah membangkitkan kekuatan ma’rifat dan mempersaksikan makna-makna asma’ dan sifat-Nya. Yang lebih baik lagi jika pendorongnya adalah cinta, sehingga seorang hamba tidak mendurhakai-Nya karena cinta kepada-Nya. Sedangkan keteguhan dalam iman mendorong untuk meninggalkan kedurhakaan.

Sebab kedurhakaan pasti akan mengurangi iman atau bahkan menghilangkannya sama sekali, memadamkan cahayanya, melemahkan kekuatannya dan mengurangi buahnya. Sedangkan mewaspadai hal-hal yang haram merupakan kesabaran meninggalkan hal-hal yang mubah, sebagai kehati-hatian agar tidak menjurus kepada yang haram.

2. Sabar dalam ketaatan, dengan menjaga ketaatan itu secara terus menerus, memeliharanya dengan keikhlasan dan membaguskannya dengan ilmu.

Pernyataan pengarang Manazilus Sa’irin ini menunjukkan bahwa ketaatan yang dilakukan dapat menjadi pendorong untuk meninggalkan kedurhakaan, sehingga kesabaran dalam melaksanakan ketaatan ini setingkat lebih tinggi daripada kesabaran meninggalkan kedurhakaan. Yang benar, dan seperti yang telah dijelaskan di atas, meninggalkan kedurhakaan hanya sekedar menyempurnakan ketaatan.

Syaikh menyebutkan bahwa sabar dalam derajat ini dilakukan dengan tiga cara: Terus-menerus taat, ikhlas dalam ketaatan dan melaksanakannya menurut ilmu atau membaguskannya dengan ilmu. Ketaatan menjadi mundur jika kehilangan salah satu dari tiga perkara ini. Jika seorang hamba tidak menjaga ketaatan secara terus-menerus, maka Ia akan menggugurkan ketaatan itu. Jika dia menjaganya terus-menerus, maka di hadapannya ada dua perintang: Tidak ikhlas, seperti dimaksudkan karena selain Allah, dan pelaksanaannya yang tidak berdasarkan ilmu, seperti tidak mengikuti Assunnah.

3. Sabar dalam musibah, dengan memperhatikan pahala yang baik, menunggu rahmat jalan keluar, meremehkan musibah sambil menghitung uluran karunia dan mengingat nikmat-nikmat yang telah lampau.


Inilah tiga pakaian kesabaran yang dapat dikenakan seorang hamba ketika mendapat musibah :

Pertama, memperhatikan pahala yang baik. Seberapa jauh perhatian, pengetahuan dan keyakìnannya terhadap pahala ini, maka sejauh itu pula dia akan merasa ringan dalam memikul beban musibah, karena dia merasa akan mendapatkan pengganti. Hal ini seperti orang yang sedang membawa beban yang amat berat, dan dia melihat hasil dan keuntungan yang baik, pada akhirnya. Jika tidak demikian, maka banyak kemaslahatan dunia dan akhirat yang akan terbuang sia-sia. Seorang hamba lebih suka mengemban beban dunia karena ingin mendapatkan hasil di akhirat. Sementara jiwa lebih menyukai kesenangan yang ada di dunia. Tapi akal yang sehat lebih condong ke hasil di kemudian hari.

Kedua, menunggu rahmat jalan keluar atau kenikmatannya. Menunggu-nunggu kenikmatan jalan keluar dan musibah dapat meringankan beban musibah dan kesulitan yang sedang dihadapi, apalagi jika disertai kekuatan harapan dan usaha mencari jalan keluar.

Ketiga, meremehkan musibah, yang dapat dilakukan dengan dua cara: menghitung karunia Allah yang telah dilimpahkan kepadanya, dan mengingat-ingat nikmat Allah yang pernah diterimanya. Yang pertama berkaitan dengan keadaan dan yang kedua berkaitan dengan masa lampau.

Pengarang Manazilus-Sa’irin, mengatakan, “Sabar yang paling lemah ialah sabar karena Allah. Ini merupakan kesabaran orang-orang awam. Di atasnya adalah sabar berkat pertolongan Allah. Ini merupakan kesabaran orang-orang yang menghendaki Allah. Di atasnya adalah sabar menurut hukum Allah. ini merupakan kesabaran orang-orang yang berjalan kepada Allah.

Kesabaran karena Allah yang merupakan kesabaran orang-orang awam ialah kesabaran mengharapkan pahala-Nya dan takut siksaNya. Kesabaran orang-orang yang mengharapkan Allah adalah kesabaran berkat kekuatan dan pertolongan dan Allah. Dua golongan ini tidak melihat ada kesabaran pada dirinya dan tidak pula mempunyai kekuatan untuk sabar Di atasnya adalah kesabaran menurut hukum Allah. Artinya dia sabar mendapatkan hukum-hukum yang berlaku bagi dirinya, yang disukai maupun yang dibencinya.

Menurut pengarang Manazilus-Sa‘irin, kesabaran karena Allah merupakan kesabaran yang paling lemah. Yang benar, Sabar karena Allah lebih tinggi daripada Sabar berkat pertolongan Allah. Karena sabar karena Allah berkaitan dengan Uluhiyah-Nya, sedangkan sabar berkat pertolongan Allah berkaitan dengan Rububiyah-Nya. Apa-apa yang berkait dengan Uluhiyah-Nya lebih sempurna daripada apa-apa yang berkait dengan Rububiyah-Nya. Di samping itu, sabar karena Allah merupakan cermin ibadah, dan sabar berkat pertolongan Allah merupakan permohonan uluran pertolongan dari-Nya. lbadah merupakan tujuan dan permohonan pertolongan merupakan sarana. Sabar berkat pertolongan Allah menjadi hak persekutuan bagi orang Mukmin dan kafir, orang baik dan orang buruk. Setiap orang yang mempersaksikan hakikat alam tentu mendapatkan kesabaran dari Allah. Sedangkan sabar karena Allah merupakan tempat persinggahan para nabi, rasul, shiddiqin dan orång-orang yang mengamalkan iyyaka na’budu wa iwaka nasta’in.

Sabar menurut hukum-hukum Allah artinya sabar menerima takdir-Nya. Sabar ini ditempatkan pada tingkatan ketiga dan yang paling tinggi. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, sabar dalam ketaatan dan sabar menjauhi kedurhakaan, lebih sempurna daripada kesabaran menerima takdir-Nya, seperti kesabaran Yusuf Alaihis-Salam. Kesabaran beliau dengan tetap menjaga ketaatan dan menjauhi kedurhakaan merupakan kesabaran atas pilihan sendiri, karena cinta kepada Allah. Sedangkan kesabaran menerima hukum-hukum Allah merupakan kesabaran yang pasti dan tidak bisa dihindari. Tentu saja àda perbedaan di antara keduanya.



Source:
Madarijus-Salikin (Pendakian Menuju Allah)
Penulis : Ibnu Qayyim AI-Jauziyah;
penerjemah: Kathur Suhardi; -Cet. 1
Jakarta: Pustaka A1.-Kautsar, 1998.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ

TALBIS IBLIS Terhadap Golongan KHAWARIJ Oleh: Ibnul Jauzi Orang Khawarij yang pertama kali dan yang paling buruk keadaannya ada...